Informasi NCC

Space Iklan

Berita NCC

  • Warung Ikhlas, Hidup Bermanfaat Dengan Berbuat Baik

    Warung Ikhlas, Hidup Bermanfaat Dengan Berbuat Baik

      Sabtu, 05/12/2015 10:09

    Sebuah kegiatan amal yang pada akhirnya disebut warung ikhlas, mulanya didirikan oleh dua orang sahabat yaitu Agus wicaksono (Sony) dan Hapsari budi utami (Ari) bulan Februari ditahun 2009. Ini adalah mimpi (cita-cita) untuk mencari sebuah jawaban hidup, yaitu hidup ini untuk apa. Sony kemudian terinspirasi dari mimpinya ketika dalam mimpi dibacakan surat Al-Maun ribuan kali, sehingga dari inilah progam berawal dan menyedekahkan 60 bungkus nasi bungkus perhari. Sedangkan Ari sendiri juga seperti Soni, ia terinspirasi oleh ayat-ayat yang ada di AlQur’an. Ari juga menyediakan 60 bungkus perhari. Hingga muncullah dari ide pembagian nasi bungkus berkembang menjadi warung ikhlas.
     
    Kualitas makanan yang dibagikan
    Kualitas masakan awalnya dari warung dimana menunya lebih sederhana, namun warung ikhlas berinisiatif memasak sendiri agar bisa meningkatkan kualitas kesehatan mutu makanan. Seperti dari sayuran organik, ikan laut yang sehat dan lezat rasanya, dengan demikian menghasilkan masakan yang sehat. Warung iklhas bekerja sama dengan petani organik.
     
    Penyaluran nasi bungkus
    Awalnya dari survey untuk mendata siapa yang akan mendapatkan nasi bungkus dengan tepat. Setiap hari berbeda orang yang ditemui. Ada yang membeli nasi bungkus adalah para pekerja yang menyapu dijalan-jalan, ada tukang, pemulung dan lain-lain. Kemudian target penyaluran dilanjutkan ke tempat pengumpul sampah, karena jarang ada warung disana, pemulung dan pekerja sampah disana, diantara mereka, ada yang menjadi kepala rumahtangga dan dengan bantuan mereka ibu kota Jakarta menjadi bersih.
    Dalam hal ini kemudian berkembang, warung ikhlas membagikan nasi bungkus dengan harga 2000 rupiah perbungkus. Meski harga awalnya adalah 8000-1000 rupiah. Tujuannya adalah menjadikan pembeli yang tak mampu tetap sebagai costumer bukan peminta-minta. 
    Dari pemasukan 2000 rupiah pembungkus inilah untuk membiayai para pegawai yang menggerakkan operasional warung ikhlas, dengan demikian costumer sama dengan membuat warung ikhlas dapat menyerap tenaga kerja sambil berbuat baik. Dalam sehari warung ikhlas sendiri memiliki target minimal menyalurkan 160 bungkus perhari.
     
    Arti Warung ikhlas 
    Menurut Sony, ketika kita berbuat baik dengan ikhlas maka hati kita terbuka Sehingga kasih sayang Allah SWT masuk dan membuat hati kita menjadi bahagia akhirnya menjadi kecanduan untuk berbuat baik. 
    Sedangkan menurut Ari sendiri, Kecintaan pada Indonesia ingin menjadi manusia Indonesia yang bermanfaat, dengan kegiatan ini, maka keinginan untuk menjadi  warga negara yang berguna telah tercapai, sehingga hidup menjadi bermanfaat. Akhirnya kebaikan ini membawa kita kepada bahagia dalam keadaan apapun.
     
     
     


Informasi Terpopuler