Informasi NCC

Space Iklan

Kesehatan

  • Beberapa Hal Terbaik Untuk Ibu Setelah Melahirkan

    Beberapa Hal Terbaik Untuk Ibu Setelah Melahirkan

      Kamis, 17/09/2015 09:54

    Melahirkan adalah salah satu proses biologis yang terjadi pada seorang wanita. Setelah Sembilan bulan mengandung, maka akan terjadi banyak perubahan pada tubuh seorang wanita setelah melahirkan. Pinggang yang melebar, berat badan yang tidak stabil, perut yang mengglambir dan Rahim yang terasa longgar. Untuk itu, seorang wanita harus melakukan beberapa hal ini agar kondisi tubuhnya kembali seperti semula dan tetap fit dalam masa menyusui. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan atau diet dengan sehat, sehingga tidak berpengarh pada kondisi bayi yang juga masih sangat tergantung  pada kondisi ibunya. Beberapa hal akan dijelaskan dibawah ini.
     
    1. Melakukan Beberapa Senam Ringan
     
    Senam ringan seperti meregangkan pergelangan dan menarik punggung pelan-pelan akan sangat bermanfaat dalam megembalikan kekencangan otot-otot yang kendor. Hal yang sering salah kaprah di masyarakat adalah dengan pemakaian korset atau kemben dianggap dapat dengan cepat mengembalikan kencangnya otot perut. Namun, pemakaian tersebut hanya dapat nampak merampingkan dari luarnya saja, tetapi otot-otot perut belum benar-benar mengencang.
     
    2. ASI Harus Tetap Diberikan Walaupun Sedang Diet
     
    Kadang beberapa ibu menganggap kalau menyusui anak setelah melahirkan dapat mengakibatkan kegemukan. Hal itu merupakan suatu pemahaman yang salah kaprah. Memang dalam masa menyusui nafsu makan akan meningkat, namun hal tersebutlah yang akan memproduksi ASI. Bahkan menurut para ahli, seorang ibu harus dapat mengkonsumsi minimal 500 kalori perhari untuk mendapatkan ASI yang maksimal.  Kita tahu, bahwa memberikan ASI eksklusif kepada anak samapi usia dua tahun sangat berpengaruh pada tumbuh berkembanganya anak.
     
    3. Jangan Melakukan Diet Secara Berlebihan
     
    Banyak anggapan bahwa tingkat keberhasilan dari diet adalah dengan cepatnya penurunan berat badan. Jika anda dapat menurunkan berat badan sekitar setengah sampai satu kilo, hal tersebut masih dianggap wajar. Namun jika anda ingin penurunan yang lebih derastis dengan pematian nafsu makan lewat obat, maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Memang tubuh anda akan cepat mengecil, namun setelah pengkonsumsian obat berhenti maka dengan cepat nafsu makan anda akan naik. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang baru melahirkan, karena kondisi kesehatan ibu sangat mempengaruhi kesehatan bayinya.
     


Informasi Terpopuler