Informasi NCC

Space Iklan

Travelling

  • Kalibiru, Menikmati Danau di Atas Awan Kulon Progo

    Kalibiru, Menikmati Danau di Atas Awan Kulon Progo

      Jum'at, 11/09/2015 10:11

    Yogyakarta seakan tidak habis dalam hal keindahan alam, mulai dari pantai, gunung, bukit, gua, budaya, kuliner, pendidikan, dll. Semua tertata dengan baik sehingga meningkatkan aset dan potensi pariwisata kota gudeg ini. Hampir setiap wilayah kota ini memiliki keindahan wisata yang ditawarkan, salah satunya wilayah Kulon Progo. Ada banyak tempat wisata di Kulon Progo, namun yang akhir-akhir ini menjadi terkenl adalah objek wisata Kalibiru. Wisata kalibiru merupakan tempat dimana anda akan menikmati keindahan danau yang diapit diantara perbukitan. Danau ini lebih tepatnya merupakan waduk atau tempat penampungan air. Namun, oleh pemerintahan setempat dijadikan objek wisata yang sangat produktif.
     

    Objek wisata Kalibiru sebenarnya merupakan desa wisata yang terletak di deerah Sermo, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Untuk menuju ke tempat ini, anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Kalibiru terletak di wilayah waduk Sermo, sehingga ketika anda dari Yogyakarta langsung menuju kea rah Wates, kemudian langsung ke arah waduk Sermo lalu lihat petunjuk jalan ke Kalibiru. Dari waduk Sermo, jalan menuju ke Kalibiru cukup menanjak dengan tikungan yang tajam dan curam. Jadi jika anda membawa sepeda motor sebaiknya anda pastikan memerikasa keadaan motor anda dalam keadaan normal. Jalannya tidak cukup lebar sehingga hanya muat satu mobil dan tidak bisa digunakan untuk bersimpangan 2 mobil.

    Di wilayah ini anda juga akan mendapatkan beberapa fasilitas yang telah disediakan pengelola. Anda tidak perlu khawatir  dalam hal makanan, disini ada banyak penjual makanan. Selain itu, sudah disiapka banyak tempat menginap bagi pengunjung yang ingin menikmati sunrise diantara perbukitan Menoreh. Untuk retribusi, setiap orang hanya dikenai biaya masuk sebesar 10-15 ribu rupiah. Ada pula beberapa fasilitas out bound bagi anda yang berminat. 

     
    Yang paling dicari di tempat ini adalah bisa berfoto diatas pohon dengan background lanskap perbukitan menorah dengan waduk Sermo ditengahnya. Foto seperti dapat dengan mudah anda temukan di Google atau instagram. Untuk dapat berfoto disini, anda tidak perlu khawatir tidak mebawa kamera karena pengelola telah menyediakan jasa foto dengan kualitas yang cukup bagus. Jika anda masih banyak waktu, anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang jaraknya cukup dekat dengan Kalibiru seperti Kebun The Nglinggo, Goa Kisedo, Curug (Air Terjun) Sidoharjo dan Puncak Suroloyo.
     
    Oleh: Bagus Ardian


Informasi Terpopuler