Informasi NCC

Space Iklan

Inspirasi

  • Perhatikan Tips Berikut Sebelum Membuat Taman Rumah Anda

    Perhatikan Tips Berikut Sebelum Membuat Taman Rumah Anda

      Kamis, 03/09/2015 14:33

     
    Di negara tropis seperti Indonesia ketika musim panas maka udara akan sangat menyengat bahkan sampai ke dalam rumah. Karakter tanaman yang menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen menjadikannya segar ketika bernafas didekatnya. Untuk itu taman di dalam rumah merupakan salah satu cara agar tetap sejuk ketika di dalam rumah. Namun, membuat taman tidak sekedar menanam tanaman di depan rumah atau menaruh pot sembarangan. Diperlukan perencanaan dan pengetahuan yang cukup agar taman rumah anda selain menyegarkan juga enak untuk dipandang. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat taman adalah:
     
    1. Penempatan Taman
    Sebelum menanam atau membeli tanaman, maka tentukan terlebih dahulu posisi taman tersebut. Pastikan anda memiliki ruang yang cukup untuk membuat taman. Jika anda tidak memiliki halaman yang cukup luas, anda dapat membuatnya di dalam rumah dengan desain yang tepat. Desain taman yang vertikal atau standing garden dapat menjadi solusi anda ketika tidak memiliki banyak ruang. Pastikan juga taman yang akan anda buat tidak menghalangi sirkulasi keluar masuk orang. Jika itu di halaman, maka buatlah jalan agar akses untuk keluar masuk lebih mudah. Selain itu, pastikan cahaya yang masuk (jika di dalam rumah) juga cukup. Karena kita tahu, sebagian besar tanaman membutuhkan cahaya untuk berkemban dan tetap hidup.
     
    2. Karakter Taman
    Dalam membuat sebuah taman, anda perlu juga menentukan bagaimana karakter taman anda. Sesuaikan karakter taman anda dengan karakter rumah dan karakter pemilik atau penghuni rumah tersebut. Jika rumah anda berkonsep minimalis, maka jangan gunakan tanaman yang memiliki karakter berdaun lebar atau lebat. Selain memakan banyak tempat, tumbuhan seperti itu juga akan merusak konsep rumah anda. Selain itu, jika anda merupakan seorang yang memiliki kesibukan yang cukup padat, maka buatlah taman dengan tanaman yang kuat menampung air. Sehingga ketika anda sedang sibuk dan tidak sempat menyiram taman maka anda tidak perlu khawatir tanaman anda akan kering dan mati.
     
    3. Hardscape dan Sirkulasi Air
    Untuk menambah keindahan taman anda, anda dapat menambahkan hardscape seperti patung, kolam kecil atau air mancur. Sesuaikan hardscape dengan ukuran taman anda. Selain itu, aturlah sirkulasi air yang akan digunakan untuk menyiram tanaman dengan baik. Salah satu krisis lingkungan saat ini adalah kurangnya air bersih di masyarakat perkotaan yang padat penduduk. Untuk itu, anda tidak perlu menggunakan air bersih hanya untuk menyiram tanaman. Anda dapat mengalirkan air bekas cucian piring atau bekas mandi ke taman melalui selang. Anda tidak perlu khawatir tumbuhan akan mati karena sabun, karena tumbuhan memiliki sistem tersendiri untuk dapat menyerap air.
     
     


Informasi Terpopuler