Informasi NCC

Space Iklan

Inspirasi

  • Pentingnya Pendidikan Dini Bagi Anak

    Pentingnya Pendidikan Dini Bagi Anak

      Kamis, 03/09/2015 14:32

    Seperti ada sistem yang salah di dunia pendidikan Indonesia. Cuma pendapat pribadi sih. Tapi kalo ada yang setuju atau mau kasih opini masing-masing boleh aja. Dari hal paling sederhana aja nih. Dari TK alias Taman Kanak-Kanak yang diajarin pertama adalah menggambar pemandangan. Herannya, yang dicontohin dalah (hampir) selalu gambar dua gunung, matahari, beberapa pohon dan persawahan. Anak-anak adalah peniru dan pengingat yang handal. Secara nggak langsung mereka pasti akan lebih sering menggambar gunung daripada pemandangan lain karena itulah yang mereka dapat pertama kali. Kan yang pertama selalu meninggalkan bekas, eaaaaa.
     
    Selain itu, karena imajinasi anak-anak seringkali jauh dari ambang normal, mereka belum mengetahui sesuatu yang sering dibilang ‘normal’. Sebagai contoh, Yoris Sebastian pernah berkata bahwa ketika seorang anak menggambar gajah dengan warna selain abu-abu atau warna gajah pada umumnya, si guru akan menyalahkan anak tersebut dan berkata ‘gajah itu warnanya abu-abu, bukan merah jambu’.
    Namanya juga anak-anak. Bisa saja, menurut si anak, si gajah sedang jatuh cinta atau bahagia. Sadar atau tidak, si guru sudah mematahkan dan membatasi imaginasi si anak tersebut. Dengan demikian, si anak terpaksa harus menuruti apa yang disebut dengan ‘normal’ dalam kehidupan.
     
    Selain itu, memberikan pemahaman hidup bermasyarakat dan saling tolong menolong dalam kebaikan kepada anak usia dini juga penting lho, moms. Yang paling utama, pastikan anak mendapatkan pendidikan iman terbaik dari lingkungan keluarga. Ini karena keluarga adalah pilar utama dalam mendidik anak.
    Jadi nggak cuma pendidikan di sekolah, pendidikan di rumah juga sangat penting. Peran orangtua dalam menjaga dan melindungi hak dan imaginasi anak berawal dari sepetak rumah. Jangan sampai anak-anak kehilangan masa emasnya di masa pertumbuhan, moms and dads.
     


Informasi Terpopuler