Informasi NCC

Space Iklan

Olah Raga

  • Menjadi Iron Man dengan Skyboarding

    Menjadi Iron Man dengan Skyboarding

      Kamis, 03/09/2015 14:29

    Pernahkan anda membayangkan Iron Man, salah satu superhero ciptaan Marvel benar-benar hadir di dunia ini? Jika sama persis dengan apa yang difilimkan mungkin saja mustahil terjadi namun jika sensasi untuk bisa terbang layaknya Iron Man sekarang ini sudah bisa anda rasakan. Salah satu olah raga air terbaru yang telah ditemukan pada 2012 lalu yang diberi nama Skyboarding kini menjadi nge-trend dikalangan masyarakat. Teknologi yang ditemukan oleh Frangky Zapata seorang mantan atlet jetsky professional asal Perancis memungkinkan para penggunanya untuk bisa terbang diatas air dengan dorongan tenaga air yang disalurkan lewat selang kebawah kaki.
     
    Menurut penciptanya, olah raga ini menggabungkan empat elemen dari olahraga ekstrim di air dan udara yakni ski air, jet ski, snowboard dan acrobatic dive. Untuk menguasai olah raga ini memang dituntut keseimbangan yang ekstra. Beberapa gerakan dasar yang dimilikinya juga sama seperti olah raga asalnya seperti wakeboard dan tubing. Namun untuk menguasai gerakan akrobatik dibutuhkan waktu latihan yang cukup intens. Cara kerja skyboard ini hampir sama dengan wakeboard  yang terhubung dengan pipa sepanjang 18 meter ke turbin jet ski atau yang disebut PWC (personal wter craft). Nozzle dibawah kaki memungkinkan untuk menerbangkan penggunanya setinggi 10 meter diatas permukaan air.
     
    Untuk mengendarainya, tahap pertama pengguna harus memasukkan kakinya kedalam sepatu skyboard dan memakai handnozzles di tangan sebagai penyeimbangnya. Kekuatan dorongan di handnozzles hanya 10 persen sedangkan 90 persen kekuatan ada pada pendorong yang telah dipasang di kaki pengendara. Setelah semua terpsang dengan aman, pengendara kemudian masuk kedalam air dengan posisi kaki terlebih dahulu. Kemudia turbin dihidupkan dan mengalirkan tenaga ke bawah kaki dan tangan. Pertama pengendara harus mampu menyeimbangkan badan, pundak dan kaki untuk dapat berdiri dengan tegak. Jika sudah berhasil maka anda dapat membelokkannya hanya dengan menekuk salah satu kaki. Bagi yang baru pertama mencoba, pengendara hanya butuh waktu 5-15 menit untuk menguasai beberapa maneuver dasar. Setelah itu, siap-siap anda ketagihan untuk terus mencoba olah raga skyboarding ini.
     
    Umumnya olah raga ini disediakan oleh beberapa objek wisata pantai. Di Indonesia sudah ada beberapa penyedia fasilitas olah raga ini. JIka anda pergi ke Bali beberapa pantai seperti Nusa Kambongan dan Tanjung Banoa sudah mnyediakan fasilitas ini. Selain itu pantai Gili Trawangan di Lombok dan pantai Lossari di Makassar juga sudah memilikinya. Tarif yang ditawarkan memang berbeda-beda dengan harga yang lumayan merogoh kantong anda, namun hal tersebut tidak akan jadi masalah setelah dapat merasakan menjadi Iron Man diatas air dalam beberapa saat. 
     


Informasi Terpopuler