Informasi NCC

Space Iklan

Kesehatan

  • Kunci Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan

    Kunci Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan

      Selasa, 11/08/2015 10:32

    Kunci keberhasil dalam mengelola berat badan anda dapat dikatakan dengan sebuah persamaan sederhana: “Jika anda makan lebih banyak kalori daripada yang anda bakar maka berat badan bertambah. Dan jika anda makan lebih sedikit kalori daripada yang anda bakar maka berat badan anda menurun”. Kedengarannya mudah, bukan? Lalu mengapa menurunkan berat badan begitu susah?
     
    Pertama, usaha menurunkan berat badan bukan suatau aktifitas yang linier dari waktu ke waktu. Ketika anda mengurangi asupan kalori mungkin akan mengahsilkan penerunan berat badan yang derastis pada minggu-mingu awal. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama. Dengan asupan kalori yang sama anda tidak akan medapatkan penurunan berat badan sama dengan minggu-minggu sebelumnya. Bahkan setelah berjalan beberapa minggu, masih dengan asupan kalori yang sama, anda tidak mendapat penurunan berat badan sekalipun. Hal itu sangat wajar terjadi, karena ketika anda kehilangan berat badan berarti anda juga kehilangan cairan dan jaringan lemak sehingga metabolisme melambat. Untuk menjaganya anda harus tetap konsisten pada asupan kalori seperti semula.
     
    Kedua, pada dasarnya kalori tetaplah kalori, tubuh anda akan bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis makanan. Jadi makan 100 kalori dari sirup jagung ber-fruktosa tinggi, misalnya, akan memiliki efek yang berbeda pada tubuh anda daripada makan 100 kalori brokoli. Jadi, trik untuk tetap dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi  asupan makanan yang memiliki kalori tinggi namun tidak mengenyangkan (seperti permen) dan menggantinya dengan makanan yang penuh serat dan mengeyangkan tanpa kalori (seperti sayuran).
     
    Ketiga, menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan berkelanjutan seringkali membutuhkan waktu. Hal ini membutuhkan kesabaran dan komitmen. Diet ekstrim dapat menjanjikan hasil yang cepat, tetapi mereka lebih mungkin untuk membuat anda merasa berat dan kelaparan serta menghilangkan lebih banyak uang daripada berat badannya. Kadang seseorang makan bukan hanya untuk mengisi perut karena lapar. Ketika stress, seorang juga kadang melakukan aktifitas makan secara berlebihan. Oleh karena itu, tetap berfikiran postif dan penuhi hari-hari anda dengan aktifitas lain sehingga hasrat untuk makan dapat dikurangi.


Informasi Terpopuler