Informasi NCC

Space Iklan

Kesehatan

  • Junk Food Berlebih Merusak Tubuh

    Junk Food Berlebih Merusak Tubuh

      Senin, 10/08/2015 15:23

    Bagi anda yang sering menonton film atau movie barat pasti sudah tidak asing dengan makanan seperti burger, hot dog, minuman soda dll. Makanan-makanan tersebut dapat dikatan dengan junk food atau ‘makanaan rosok’. Seperti namanya ‘junk food’ merupakan makanan yang sudah tidak bisa dikatakan makanan karena kadar gizinya yang rendah dan dibuat dengan bahan-bahan yang kadang sudah terlalu lama disimpan.
     
    Sebuah penelitian terakhir mengungkapkan bahwa seorang yang berlebihan dalam mengkonsumsi Junk Food akan menjadi malas untuk mengkonsumsi makanan sehat lainya. Para peneliti dari Austria mengatakan bahwa biasa mengkonsumsi makanan rendah gizi atau junk food dapat menurangi minat untuk konsumsi makanan lainya. Hal tersebut dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan kepada seekor tikus yang diberikan makanan junk food seperti dimsum, kue pie, dan kue kering selama dua minggu. Hasilnya berat badan tikus-tikus tersebut naik derastis dan minat untuk mengkonsumsi makanan lainya menurun.
     
    Margaret Morris , seorang profesor dari Universitas New South Wales mengatakan bahwa dari hasil penemuan tersebut ditemukan sebuah kesimpulan bahwa konsumsi junk food berpengaruh kepada pola hidup sehat sehingga memacu obesitas. Junk food dapat mengubah respon kita terhadap makanan sehat yang lebih dibutuhkan oleh tubuh. 
     
    Ternyata bukan hanya rokok dan kopi yang mengakibatkan kecanduan. Junk food atau makanan rendah gizi juga menimbulkan ketergantungan. Misalnya kita sudah makan siang dengan es krim, tetapi ketika lewat atau mendengar penjual es krim datang anda akan membelinya lagi dan lagi. Untuk itu, anda harus hati-hati dan berpikir ulang sebelum mulai mengkonsumsi makanan junk food. Tidak masalah jika mengkonsumsi junk food hanya sekali dalam seminggu. Namun, jika keinginan anda akan junk food mulai naik sebaiknya anda harus membastasinya. Progam hidup sehat harus dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan. Sebagai gantinya, anda dapat menggati makanan junk food dengan berbagai macam olahan sayur dan buah-buahan. Rasa yang diberikan pun lebih nikmat dengan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Junk food sebenarnya hanya gaya hidup hedonis masarakata barat, anda tidak perlu mengikutinya karena sudah banyak korban meninggal akibat terlalu banyak mengkonsumsi junk food.
     


Informasi Terpopuler