Informasi NCC

Space Iklan

Olah Raga

  • Olahraga Memperpanjang Usia

    Olahraga Memperpanjang Usia

      Selasa, 11/08/2015 10:42

     
    Di era yang serba mudah ini, salah satu aktifitas penting yang mulai ditinggalkan adalah olahraga. Alasan kesibukan dan tidak ada waktu senggang adalah menjadi penyebabnya. Dalam berbagai survey dijelaskan bahwa angka kematian tertinggi di dunia diakibatkan oleh hipertensi dan obesitas, kedua hal tersebut terjadi karena salah satunya jarang melakukan olahraga. Asupan makanan yang tidak diimbangi dengan olah raga hanya akan menjadikan anda penuh lemak dan tidak sehat. Selain berbahaya, kurangnya olahraga juga berpengaruh pada penampilan anda. Anda akan mudah lelah dan tidak segar. Lemak yang tidak dibakar dengan olahraga juga hanya akan menjadikan anda semakin gemuk dan tidak proporsional sehingga mengurangi rasa percaya diri anda.
     
    Seperti halnya mesin yang jarang dipakai maka lambat laut bagian dari mesin akan rusak karena kaku dan tidak terlatih untuk terus bekerja. Begitu pula dengan kondisi tubuh manusia, jika tidak sering digunakan akan kaku dan mudah sakit. Tidak hanya itu, dengan olahraga metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan baik karena aliran darah menjadi lancar serta saraf-saraf anda tidak kaku. Dengan itu, tubuh anda akan semakin segar dan otak sebagai pusat saraf tidak mudah terkena stress.
    Ada banyak manfaat yang diberikan ketika anda rutin melakukan olahraga dalam sehari. Daya tahan tubuh anda akan semakin kuat dengan hormon-hormon yang berfungsi dengan baik. Selain itu, olahraga yang teratur juga akan meningkatjan fungsi otak, aliran darah yang penuh dengan oksigen akan memperlancar aliran darah ke otak ke otak sehingga anda lebih mudah untuk  konsentrasi dan berfikir kreatif. 
     
    Dengan begitu anda juga dapat terhindar dari stress karena dengan olahraga anda dapat dengan baik mengatur emosi dan kegelisahan. Hal tersebut senada dengan penelitian yang dilakukan oleh  Anxiety, Stress and Coping: An International Journal tahun 2008. Selanjutnya, seperti yang sering dibicarakan masyarakat bahawa olahraga adalah jalan yang paling tepat untuk membakar kalori menjadi tenaga bagi tubuh.  Dengan begitu, anda akan semakin fit dan terhindar dari penyakit darah tinggi, stroke, kegemukan dan penyakit jantung.
     
    Dalam tahap awal dibutuhkan pembiasaan dalam melakukanya. Pada tahap awal anda dapat melaksanakannya dengan durasi yang singkat. Dapat dipastikan anda pasti merasa pegal-pegal di awal proses, namun ketika sudah berjalan 3 atau 4 hari tubuh anda akan semakin segar. Untuk ukuran standar, lakukanlah selama tiga kali dalam seminggu selama minimal 60 menit. Beberapa olahraga yang mudah anda lakukan adalah lari, bersepeda, berenang, atau senam aerobik. Yang lebih penting lagi adalah dengan mengiringi olahaga dengan diet yang sehat, tidak merokok, dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
     
     


Informasi Terpopuler