Informasi NCC

Space Iklan

Olah Raga

  • Dampak Buruk Ketika Malas Olahraga

    Dampak Buruk Ketika Malas Olahraga

      Selasa, 11/08/2015 10:42

     
    Word Health Organizatio (WHO) atau organisasi kesehatan dunia menyebutkan bahwa sekitar dua juta orang di dunia meninggal dikarenakan penyakit yang disababkan malasnya olahraga. Fakta lain diungkapkan oleh University of Hongkong bahwa bahaya dari malasnya berolahraga sama dengan dampak buruk yang diakibatkan oleh rokok. Penelitian tersebut juga menemukan kesimpulan bahwa sampai pada tahun 2004, penyebab 20 persen kematian orang dewasa diatas 35 tahun adalah karena disebabkan kurangnya olahraga. 
     
    Mengapa Penting?
    Secara sistemik tubuh manusia memang diciptakan untuk bergerak. Dengan banyak bergerak, jantung akan semakin terpacu dan aliran darah menjadi lancar sehingga oksigen dalam darah sampai di otak dengan maksimal. Dengan lancarnya suplay oksegen ke otak secara tidak langsung metabolisme akan meningkat dan membakar lemak menjadi energi. Proses pembakaran yang menghasilkan keringat juga dapat mengeliuarkan racun dari tubuh. Jika suplay oksigen ke otak terganggu maka anda akan susah untuk berkonsentrasi dan mudah stress.  Berikut beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya olahraga.
     
    1. Penyakit Jantung
    Olahraga yang teratur memembatu menurnkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dan membantu meningkatkan kolesterol baik atau kolesterol HDL. Jika jantung anda memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi maka memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit kardiovaskuler.
     
    2. Hipertensi
    Penyakit ini biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Olahraga yang teratur menjadikan jantung untuk lebih terbiasa memompa darah. Jika jantung tidak terbiasa untuk memompa darah dengan kuat, maka pembuluh arteri dan tekanannya akan semakin melemah. Jika hal tersebut terjadi akan memicu penyakit lain seperti stroke dan ginjal.
     
    3. Obesitas
    Semakin jarang olahraga maka semakin banyak lemak yang menumpuk sehingga mengakibatkan obesitas. Penyakit ini juga dapat memicu tumbuhnya penyakit lain seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan susah tidur.
     
    4. Osteoporosis
    Jika tulang anda jarang digunakan untuk bergerak, maka ia akan semakin kaku dan mudah retak atau osteoporosis. Hal tersebut menjadikan tulang anda mudah patah.
     
    5. Diabetes
    Penyebab utama dari penyakit ini adalah kurangnya aktifitas fisik dan kelebihan berat badan. Ini merupakan penyakit yang serius, jika terjadi komplikasi maka akan merambah penyakit jantung, saraf, dan masalah  mata.
     


Informasi Terpopuler