Informasi NCC

Space Iklan

Kuliner

  • Ingat Jogja Ingat Gudeg

    Ingat Jogja Ingat Gudeg

      Selasa, 11/08/2015 10:48

    Pernahkah anda datang atau berkunjung ke Jogja? Ya, daerah istimewa di tengah pulau Jawa. Jika kamu, seorang pecinta kuliner maka kata Jogja pasti akan mengingatkan anda akan masakan nangka muda manis pedas dengan telur dan sambal goreng. Tidak usah ditanya lagi apa nama masakan ini, ini adalah gudeg. Masakan spesial dari jogja. Saking terkenalnya masakan ini kota jogja disebut dengan kota gudeg. 
     
    Jogja dan gudeg memang susah untuk dipisahkan, bahkan dikatakan belum lengkap datang ke Jogja jika belum mencicipi masakan ini. Masakan ini merupakan masakan yang diajarkan turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. Belum ada yang mengatakan sejarah awal mulanya gudeg ditemukan, namun yang pasti gudeg merupakan masakan zaman dulu karena bahan baku utamanya yang berupoa nangka merupakan bahan baku yang dulu sangat mudah ditemui di sekitar pekarangan rumah.
     
    Dalam penyajian gudeg, masakan ini biasanya dilengkapi dengan beberapa tambahan seperti telur bacem atau rebus, tahu, tempe dan selalu melengkapi nasi putih. Biasanya juga gudeg ditambah dengan irisan kulit sapi yang digoreng pedas manis atau yang sering disebut dengan sambal krecek. Pada awalnya gudeg hanya ada satu jenis, yaitu gedeg basah. Tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan efektifitas penyajian serta tahan lamanya masakan, gudeg yang semulanya bersifat basah dan tidak tahan lama dimodifikasi menjadi gudeg kering. Gudeg kering seperti halnya namanya tidak begitu banyak mengandung air sehingga lebih mudah untuk dikemas dan tahan lebih lama.
     
    Gudeg sangat mudah ditemukan di Jogja atau Yogyakarta. Jika kamu berjalan di sekitaran pusat kota Jogja maka dipastikan anda dapat menemukannya dengan mudah asalkan tidak terlalu malam. Biasanya pedagang gudeg pinggir jalan di jogja buka dari sore sekitar jam 4 sampai dengan jam 10-11 malam. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, untuk yang dipinggiran jalan dengan porsi standar biasa dijual dengan harga 10-20 ribu rupiah tergantung dengan variasi yang ditawarkan. 
     


Informasi Terpopuler