Informasi NCC

Space Iklan

Kuliner

  • Soto Kudus Implementasi Khasanah Lokal

    Soto Kudus Implementasi Khasanah Lokal

      Selasa, 11/08/2015 10:48

    Kudus, salah satu kota di Jawa Tengah dengan pertumbuhan ekonomi  yang pesat memalui pabrik tembakaunya ternyata memiliki sebuah masakan kuliner yang khas. Ada beberapa masakan khas Kudus namun yang paling terkenal dan tersebar di banyak tempat adalah sotonya. Apa yang membedakan soto Kudus dengan soto yang lain sehingga begitu terkenal di berbagai tempat? Adakah bahan-bahan tertentu yang digunakan?
     
    Kota Kudus juga terkenal dengan kota santri, hal ini merupakan buah dari penyebaran agama Islam oleh Sunan Kudus atau Syeikh Jafar Shidiq. Beliau menyebarkakn agama Islam dengan menghormati dan tidak menghilangkan semua budaya yang sudah ada. Masyarakat Kudus dahulunya memeluk agama Hindu yang menghormati hewan sapi. Sehingga, pada awal penyebarannya Sunan Kudus memerintahkan kepada pemeluk agama Islam untuk tidak menyembelih hewan sapi. Saking taatnya, perintah tersebut masih dijaga sampai sekarang. Hal tersebut berimbas pada masakan dan berbagai perlatan yang berbahan dasar sapi. Pada umumnya soto dibuat dengan bahan daging sapi atau ayam namun di Kudus soto menggunakan bahan daging kerbau. 
     
    Sensasi daging kerbau yang seratnya lebih tebal dari daging sapi memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Soto Kudus biasa disajikan dengan kuah yang tidak begitu kental dengan tambahan toge dan beberapa sayur lain. Bagi anda yang suka pedas, masakan ini akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan sambal. Dijamin keringat anda akan banyak keluar ketika menikmati masakan ini pada saat masih panas. Dan minuman yang paling tepat untuk menemani masakan ini adalah es teh.
     
    Soto Kudus sudah banyak di buka di berbagai kota besar seperti Yogyakarta, Jakarta, Bandung. Masakan ini dijual dengan harga yang bersahabat tergantung segmentasi penjualannya. Namun seiring perkembangan zaman, soto Kudus tidak hanya menggunakan bahan daging kerbau, biasanya penjual juga menyiapkan soto dari bahan sapi atau ayam bagi pelanggan yang menginginkannya. Jika anda benar-benar ingin merasakan masakan soto Kudus yang asli maka datanglah ke Kudus, bukan hanya Soto anda juga akan menemukan banyak masakan khas lainnya seperti Jenang atau dawet Kudus.
     


Informasi Terpopuler