Informasi NCC

Space Iklan

Kuliner

  • Singkong Keju Cemilan Renyah Akhir Pekan

    Singkong Keju Cemilan Renyah Akhir Pekan

      Selasa, 11/08/2015 10:49

    Di negara tropis seperti Indonesia, tanaman singkong seharusnya menjadi salah satu makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Namun sayangnya singkong tidak begitu banyak digemari, masarakat lebih memilih nasi sebagai makanan pokok. Salah satu penyebabnya adalah karena singkong sering kali hanya dimasak dengan dikukus atau digoreng tanpa adanya variasi sehingga masyarakat mudah bosan. Untuk itu, berikut merupakan sebuah tawaran resep untuk anda dalam menikmati singkong yaitu singkong keju.
    Bagi anda yang sudah mengenalinya, anda pasti sudah tahu bagaimana rasa resep ini. Singkong keju memiliki tekstur yang crispy atau renyah ketika dimakan, sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama sebagai camilan keluarga di akhir pekan. Makanan ini jelas lebih sehat dibandingkan junk food karena bahan yang digunakan tidak menggunakan zat kimia dan tentu biaya untuk membuatnya lebih murah. Bahan utamanya singkong sangat mudah ditemukan di pasar atau supermarket dengan harga relatif murah.
     
    Bahan-bahan
    Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat singkong keju cukup mudah ditemukan:
    1 kg singkong (dibersihkan dan potonglah sesuai selera anda)
    6 siung bawang putih kemudian dihaluskan
    Garam secukupnya
    1 sendok teh ketumbar bubuk (opsional)
    ½ Liter minyak goreng (untuk hasil yang lebih sempurna, gunakan minyak goreng kelapa agar hasilnya lebih renyah, harum dan tidak berminyak)
    Baking Powder
    Air secukupnya
     
    Cara Memasaknya
    Untuk memasaknya pun tidak susah, ada dua cara dalam memasak resep ini yaitu cara digoreng dan cara dikukus. Untuk cara yang pertama, goreng singkong yang sudah dibersihkan diatas minyak yang sudah panas dengan api yang sedang. Tunggu sampai matang kemudian tiriskan lalu singkong yang sudah matang direndam di campuran bumbu bawang putih dan garam sampai merekah. Selanjutnya tinggal digoreng lagi sampai garing dan crispy. Sedang cara yang kedua adalah dengan mengkukus singkong sampai matang kemudia di rendam di air es yang sudah diberi bumbu bawang putih, garam dan baking powder, aduk rata dan diamkan selama sekitar 45 menit lalu goreng sampai kering. Sajikan diatas piring, jika anda suka dapat dioleskan mentega atau taburi keju parut.
     


Informasi Terpopuler