Informasi NCC

Space Iklan

Teknologi

  • Awas! Gadget Merusak Perkembangan Anak

    Awas! Gadget Merusak Perkembangan Anak

      Selasa, 11/08/2015 10:51

     
    Alat komunikasi super canggih atau yang disebut dengan gadget sekarang sudah menjadilhal yang lumrah dimiliki setiap orang. Bukan hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Di beberapa sisi gadget memang memberikan dampak positif bagi anak, namun dampak negatifnya pun tidak kalah besar. Ada banyak alasan orang tua untuk mengijinkan anaknya menggunakan gadget atau bahkan mengahadiahi anaknya dengan gadget. 
     
    Bagi orang tua yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus anaknya, kadang lebih memilih untuk memberikan gadget kepada anaknya agar tidak keluar-keluar rumah. Alasan lain adalah mengenalkan teknologi informasi sejak dini agar anak tidak ketinggalan zaman. Aalasan lain yaitu agar orang tua dapat dengan memonitor anaknya dengan mudah atau cuma sekedar untuk menyenangkan anaknya. Semua hal tersebut memang sangat lazim terfikirkan oleh orang tua, namun seharusnya orang tua juga harus memikirkan dampak yang diberikan oleh gadget baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikomotoriknya.
     
    Dampak Negatif Gadget
    Anak dibawah usia 5 tahun sangat rentan terhadap  radiasi elektromagnetik karena daya imunnya belum tebentuk dengan baik. Radiasi tersebut akan menghambat pertumbuhan saraf anak, akibatnya perkembangan kognitif anak berjalan lambat dan anak akan susah untuk berkonsentrasi. Selain itu, masa perkembangan adalah dimana anak dapat melatih imajinasi, skill, dan bersosial. Namun, jika anak selalu dihadapkan pada layar datar yang selalu memanjakan maka anak akan cenderung tidak kreatif, pendiam dan tidak mudah bergaul. Selain itu, luasnya dunia internet yang ditawarkan oleh gadget juga akan mengakibatkan anak dapat dengan mudah untuk mengakses konten-konten dewasa. Lebih parah lagi gadget akan menjadi candu bagi anak-anak yang mengakibatkan anak akan sering mengurung diri dikamar dan tidak mau berbicara kepada orang lain bahkan kepada keluarga atau orang tuanya.
     
    Tindakan Preventif
    Sebagai orang tua, sebaiknya anda tidak memberikan gadget kepada anak sebelum anak berusia lebih dari 10 tahun. Setelah itu, anda juga harus menjauhkan gadget ketika anak tidur, letakkan lebih jauh dari posisi tidur anak. Hal tersebut akan lebih menghindarkan efek  negatif elektromagnetik pada anak. Anda juga dapat memeriksa histori pada gadget ketika anak sedang tidur untuk mengawasi website apa yang dikunjungi anak. Atau anda bisa memasang aplikasi khusus anak pada gadget anak anda, hal itu selalin menawarkan konten edukatif juga dapat memproteksi anak dari konten-konten yang berbahaya.
     


Informasi Terpopuler