Informasi NCC

Space Iklan

Travelling

  • Muncak Yuk! Sudah Siapkah?

    Muncak Yuk! Sudah Siapkah?

      Selasa, 11/08/2015 10:53

     
    Mendaki gunung atau yang sering disebut sebagai “muncak” akhir-akhir ini menjadi trend di kalangan masyarakat khususnya kawula muda. Hal ini terjadi memang karena pemandangan indah dan menawan yang ditawarkan oleh puncak gunung. Selain itu, bisa berfoto-foto di atas gunung kemudian di-upload ke media sosial menjadi sebuah capaian tersendiri bagi para pendaki sehingga menimbulkan hasrat untuk bisa “muncak”. Namun, kegiatan mendaki gunung atau “muncak” merupakn suatu kegiatan yang cukup berbahaya dan memiliki banyak resiko sehingga dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang.
     
    Ada banyak hal perlu disiapkan sebelum anda memutuskan untuk mendaki gunung. Tidak hanya persiapan fisik, persiapan mental dan pengetahuan tentang perihal pendakian juga sangat penting untuk diperhatikan. Seperti yang diketahui bahwa mendaki merupakan suatu aktifitas fisik yang cukup berat, selain itu semakin tinggi seorang berada maka semakin tipis udara yang dapat dihirup. Oleh karena itu jantung harus benar-benar siap agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dalam proses pendakian seperti kelelahan atau kehabisan nafas di tengah perjalanan.
     
    Selain fisik, anda juga harus menyiapkan mental yang tepat sebelum mendaki gunung. Mental dalam hal ini lebih kepada tujuan dan etika yang harus dilkasanakan. Tujuan dalam mendaki gunung seharusnya tidak semata-mata untuk menikmati keindahan dalam waktu seketika namun akan lebih arif jika didampingi dengan perawatan dan pelestarian gunung. Membawa sampah turun dan tidak meninggalkan sampah di gunung adalah salah satu etika yang wajib dilakukan ketika mendaki gunung untuk menjaga ekosistem dan keindahan gunung agar tetap terjaga dan dapat dinikmati sampai anak cucu kita.
     
    Terjadinya banyak kecelakaan dalam pendakian gunung salah satunya adalah ketidaktahuan pendaki akan tata cara dan perlengkapan standar pendakian. Jika anda seorang pemula, anda harus mengajak seorang yang benar-benar mengetahui akan medan yang akan dilalui, hal ini terkait jalur yang aman dan cuaca yang baik untuk dilalui. Carilah informasi dengan cermat sebelum “muncak”, banyak informasi berguna yang sangat mudah untuk anda dapatkan di Internet. Untuk itu, persiakan pendakian anda dengan baik dan tepat.
     


Informasi Terpopuler