Informasi NCC

Space Iklan

Travelling

  • Keindahan Wisata Alam Indonesia Yang Mendunia

    Keindahan Wisata Alam Indonesia Yang Mendunia

      Selasa, 11/08/2015 10:55

    Masih pada diem di rumah aja nih?? Kapan mau jalan-jalan nya?? Mumpung masih muda, nyesel dikemudian hari rasanya kalo kita sekarang gak cepet-cepet packing barang bawaan dan jelajahi Indonesia. Kapan lagi waktu seru-seruan bareng temen-temen bakal berulang? Mumpung masih muda banyak punya waktu dan tenaga, perbanyaklah jalan-jalan atau traveling. Kegiatan ini membuat kalian keluar dari rumah dan melihat dunia yang luas. Disamping itu, dengan pergi ketempat-tempat baru, banyak sekali pelajaran yang akan kalian dapatkan terutama ketika kalian memperhatikan serta berinteraksi dengan orang-orang baru di setiap daerah yang berbeda.
     
    Kalian akan mendapatkan banyak sekali pelajaran kehidupan sehingga akan lebih menghargai alam beserta penghuninya. Dengan melakukan kegiatan ini juga dapat mempertebal rasa syukur kita kepada tuhan atas segala nikmat dan karunia yang telah Dia berikan. Dengan demikian, traveling bisa menjadi kegiatan yang sangat positif dalam mengisi waktu luang kita para anak muda.
     
    Apakah kalian masih meragukan keindahan wisata alam Indonesia? Atau kalian cukup puas dan terhibur dengan fasilitas kalian yang udah serba canggih? Sekali waktu, penting juga bagi kita berinteraksi dengan alam, bersatu dan merasakan keindahannya. Dengan demikian, kita akan menyadari betapa alam telah memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan. Ditambah lagi Negara kita yang kaya akan keindahan alam dan budayanya yang membuat kita bebas memilih ratusan bahkan ribuan tempat tujuan wisata. Indonesia sendiri memiliki beberapa tempat wisata andalan yang wajib buat kita kunjungi. Salah satunya adalah Raja Ampat, Pulau Komodo, Tiga Gili Lombok, Pulau Bali, Danau Sentani, Taman Laut Bunaken, dan masih banyak lagi.
     
    Sebagai warga Indonesia, rugi rasanya jika kalian gak menyempatkan diri mendatangi tempat-tempat luar biasa tersebut sedangkan orang asing berduyun mendatangi Indonesia guna menjamah keindahannya.
    Berikut ini kami sajikan beberapa keindahan dan pesona alam Indonesia yang sangat direkomendasikan bagi kalian yang berencana untuk melakukan traveling: 
     
    1. Taman Nasional Bunaken
     
    Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata taman laut yang sangat terkenal di Indonesia. Tempat ini berada di wilayah Sulawesi utara tepatnya Manado. Merupakan habitat bagi lebih dari 350 spesies trumbu karang dan berbagai spesies ikan. Taman Nasional yang didirikan tahun 1991 ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik Indonesia yang juga merupakan salah satu wisata alam bawah laut yang terbaik di Dunia.
     
    Bagi kamu yang mencintai keindahan laut dan gemar menikmati wisata laut, Taman Naional Bunaken merupakan tempat yang harus dikunjungi niih. Berbagai jenis trumbu karang dan biota laut yang hidup berdesakan membuat pemkamungan laut menjadi sangat luar biasa. So, siapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan dan segera rencanakan waktu liburanmu ke Taman Nasional Bunaken.
     
    2. Pulau Bali 
     
    Mendengar namanya tentu saja bukan sesuatu yang asing di telinga kita semua. Betapa tidak, pulau yang satu ini sangat terkenal diseluruh dunia dengan keindahan alam, budaya, masyarakat dan juga keseniannya. Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan banyak sekali objek pariwisata seperti pantai, pegunungan, pedesaan, danau, dsb.
     
    Sampai dengan saat ini, pulau Bali masih menjadi referensi utama bagi wisatawan yang akan berlibur ke Indonesia, sehingga tak jarang pulau Bali dikatakan sebagai icon pariwisata Indonesia. Keramahan penduduk bali dan juga budaya mereka yang masih sangat dijaga adalah salah satu daya tarik wisatawan yang ingin datang ke pulau ini. 
     
    3. Pulau Lombok
     
    Seolah tidak ingin kalah tenar, tetangga dekat Pulau Bali ini juga sangat menawan hati para wisatawan baik domestik ataupun wisatawan asing. Pulau Lombok memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Garis pantai yang terlihat putih bersih dengan air lautnya yang biru sangat memanjakan.
     
    Pulau Lombok memiliki tiga Gili yang wajib dikunjungi bagi setiap wisatawan yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Untuk menuju gili-gili ini, kamu harus menempuh perjalanan laut menggunakan boat. Di Gili Lombok ini tidak ada yang namanya kendaraan bermotor, penduduk setempat sangat memperdulikan lingkungan sehingga menjaga kelestarian udara mereka dari asap kendaraan. Kendaraan yang digunakan adalah “cidomo” (cikar, dokar, motor) yang dalam bahasa Indonesia adalah delman. Pada malam harinya, kamu bakal disuguhin dengan keindahan bias pantai oleh cahaya bulan dengan pemandangan langit yang begitu menakjubkan. 
     
    4. Raja Ampat 
     
    Raja Ampat sering disebut-sebut sebagai surga dunia, surganya para divers, surganya para pecinta keindahan laut. Betapa tidak, pulau yang satu ini seakan membuktikan keagungan Tuhan dengan memberikan sentuhan keindahan yang luar biasa di dunia ini. Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat, Indonesia dengan jajaran pulau berjumlah lebih dari 600 pulau dan hanya 35 pulau yang dihuni oleh penduduk.
     
    Wisata diving dan snorkeling adalah daya tarik utama tempat wisata ini karena tentu saja Raja Ampat memiliki pemandangan laut yang sangat luar biasa. Sekitar 75% spesiaes ikan di dunia ada perairan Raja Ampat ini, serta ratusan spesies trumbu karang. Rugi sekali rasanya bila kita sebagai orang Indonesia tidak pernah menyempatkan diri untuk datang ke Raja Ampat sedangkan orang diseluruh dunia ingin sekali berkunjung dan menyaksikan secara langsung keindahannya. Untuk itu sobat sekalian, yuk mulai jalan-jalan berwisata dan menjelajahi Indonesia. 
     
    5. Danau sentani 
     
    Danau Sentani terletak di daerah Papua, Indonesia. Danau yang berada di ketinggian 75 mdpl dan memiliki luas wilayah 9.360 hektar ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Sesuai dengan arti namanya “sentani” memiliki arti “disini kami tinggal dengan damai”, danau Sentani ini terlihat begitu tenang, damai dan asri. Danau ini merupakan danau terbesar di Papua dengan 21 buah pulau kecil yang menghiasi keindahan pesonanya.
     
    Lokasinya yang hanya berjarak 50 km dari kota Jayapura ini membuatnya mudah dijangkau. Kamu dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu wisata. Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah pada pertengahan bulan Juni. Karena, pada bulan Juni rutin diadakan FDS (Festival Danau Sentanu) yang menampilkan berbagai pertujukan budaya seperti tari penyambutan tamu, tari perang, dan tari pergaulan. Hal yang paling membuat kagum adalah tarian daerah yang dilakukan diatas perahu sambil diiringi tabuhan alat musik tifa.
     
    6. Candi Borobudur 
     
    Borobudur adalah candi budha yang terletak di Jawa Tengah khususnya Kabupaten Magelang. Candi dengan bentuk stupa ini didirikan oleh penganut ajaran budha sekitar tahun 800-an masehi. Candi Borobudur merupakan kuil Budha terbesar di dunia sekaligus menjadi monument budha terbesar di dunia. Candi Borobudur merupakan warisan sejarah budha di tanah jawa Indonesia.
     
    Candi Borobudur bertempat tidak jauh dari wilayah Yogyakarta yang hanya berjarak sekitar 40KM (satu jam perjalanan dengan mobil/sepeda motor). Jadi, bagi kamu wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya, candi Borobudur sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain dapat berwisata sejarah, kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman serta informasi tentang bangunan candi ini.
     
    7. Pulau Komodo 
     
    Pulau Komodo terletak di wlayah Nusa Tenggara timur, Indonesia. Pulau Komodo berbatasan langsung dengan wilayah Nusa Tenggara Barat karena pulau ini merupakan pulau yang paling ujung dari Nusa Tenggara Timur. Di Pulau Komodo ini, hidup dan berkembang sekitar lebih dari 2000 ekor Komodo sehingga pulau ini dikenal sebagai habitat asli hewan Komodo.
     
    Komodo merupakan hewan asli pulau ini yang pertama kali ditemukan oleh Letnan Steyn van Hens Broek yang ingin membuktikan pernyataan pasukannya yang katanya melihat penampakan hewan seperti naga di pulau tersebut. Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" dan memenangkan suara terbanyak dari beberapa finalis lainnya yaitu Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain.
     
    8. Gunung Bromo 
     
    Gunung Bromo adalah gunung yang sangat terkenal di Indonesia. Gunung ini terletak di Jawa Timur dengan empat bagian wilayah yaitu Pasuruan, Malang, Probolinggo, dan Lumajang. Gunung yang memiliki ketinggian 2.392mdpl ini merupakan salah satu gunung di Indonesia yang berstatus aktif. Keindahan alam yang ditawarkan gunung ini akan membuat kalian semua takjub dan ingin sekali menjelajahi daerah sekitar bromo.
     
    Para wisatawan biasanya berkeliling dengan menggunakan kuda yang disediakan oleh warga setempat. Keindahan sinar matahari dapat kamu nikmati disini secara sepurna disaat sunrise dan sunset. Karena suhu udara disekitar wilayah bromo ini sangat dingin, maka disarankan bagi kalian yang ingin berkunjung ke Bromo hendaknya membawa perlengkapan seperti baju hangat atau jaket yang tebal.
     
    9. Danau Toba 
     
    Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang terletak di daerah Sumatera Utara. Keindahan alam danau Toba merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan baik asing maupun domestic. Air danau yang biru dan dikelilingi perbukitan yang hijau menjadikan pemandangan danau Toba ini begitu menyegarkan. Danau Toba berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut dan memiliki panjang 100km dan lebar 30km adalah ciptaan tuhan yang sangat mengagumkan.
     
    10. Danau Kerinci 
     
    Indonesia patut berbangga dengan danau yang satu ini, yaa….danau Kerinci. Danau ini terbentang di seluruh kaki gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini merupakan danau tertinggi di asia dengan ketinggiannya mencapai 783 Meter di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 Km. Selain itu, danau Kerinci juga merupakan danau terbesar kedua setelah danau Toba yang memiliki luas 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter. Danau Kerinci menawarkan pesona alam yang sangat indah dan alami.
    Keindahan Gunung Raja yang menjulang tinggi seakan menjadikan latar belakang yang sempurna saat menikmati keindahan danau Kerinci. Air danau yang jernih dan hijaunya pepohonan yang tumbuh subur disekitar danau membuat mata ini tidak akan bosan memandangnya. 
     
    Tempat-tempat wisata diatas merupakan beberapa contoh tempat wisata di Indonesia yang telah mendunia dan sayang rasanya jika kita sebagai orang Indonesia tidak sekalipun pernah mendatanginya. Sebagai generasi muda, kita harus mengenal Indonesia baik melalui budaya, bahasa, adat istiadat, keanekaragamannya, serta alamnya. Dengan demikian, kita akan lebih mencintai dan menghargai Indonesia. Mari jelajahi Indonesia!
     
    Oleh: Bagus Ardian
     


Informasi Terpopuler