Informasi NCC

Space Iklan

Gaya Hidup

  • Manfaat Berolahraga

    Manfaat Berolahraga

      Kamis, 09/07/2015 15:11

    Semua orang melakukan rutinitas setiap harinya dengan porsi yang berbeda-beda. Semua kegiatan itu membutuhkan tenaga yang senantiasa membuat tubuh kita menjadi lelah, otot-otot terasa kaku dan syaraf menjadi tegang. Untuk itu, sudah seharusnya kita memperhatikan kesehatan tubuh kita dengan berolahraga. Tubuh manusia diibaratkan seperti mesin yang apabila tidak digunakan dan dirawat maka akan cepat aus/usang. Sama halnya dengan tubuh kita yang sangat membutuhkan olahraga.  Olahraga merupakan gerakan olah tubuh yang bermanfaat pada tubuh secara keseluruhan serta merangsang semua otot-otot diseluruh tubuh untuk bergerak.  
    Olahraga sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan melakukan olahraga, maka organ-organ tubuh kita yang jarang kita gunakan akan bergerak secara menyeluruh sehingga akan terlatih. Dengan demikian, seluruh anggota tubuh anda akan bekerja dengan baik yang akan membawa anda kepada hidup sehat. Kegiatan ini apabila dilakukan secara rutin akan sangat baik bagi system metabolisme tubuh. Olahraga dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sebaiknya mungkin anda perlu untuk mengetahui beberapa manfaat berolah raga yang selama ini anda abaikan seperti:
    OLAHRAGA MENINGKATKAN FUNSI OTAK
    Dengan melakukan olahraga secara rutin akan menambah jumlah oksigen pada darah sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. Dengan demikian, otak akan menjadi segar sehingga akan meningkatkan daya konsentrasi dan kreativitas serta kesehatan anda. Maka, dengan berolahraga anda dapat meningkatkan kinerja dan fungsi otak anda.
    OLAHRAGA MENGURANGI STRES
    Melihat kegiatan manusia di jaman sekarang yang begiutu sibuk, siapapun dapat terserang stress. Beberapa peneliti menyatakan bahwa olahraga merupakan salah satu media yang sangat baik untuk mengurangi gejala-gejala yang menimbulkan stress. Secara teori, olahraga menjadikan tubuh bereaksi termasuk otak, dan sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati. Dengan demikian maka pikiran dapat kembali positif dan tenang sehingga akan mengurangi stress.
    OLAHRAGA DAPAT MENGURANGI KOLESTEROL
    Sangat jelas ketika kita melakukan olah raga akan mengeluarkan keringat. Ini merupakan proses pembakaran lemak di dalam tubuh kita. Olahraga yang teratur juga dapat membakar kolesterol (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Maka, fitalitas tubuh kita akan selalu terjaga serta terhindar dari resiko darah tinggi, stroke, kegemukan, dan penyakit jantung.
    OLAHRAGA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
    Olahraga yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan fungsi hormone-hormon di dalam tubuh. Sehingga, hormone-hormon ini mampu bekerja secara maksimal dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 
    Pada dasarnya, semua jenis olahraga adalah baik dilakukan oleh siapa saja. Yang perlu kita ingat adalah selalu mengimbangi antara olahraga dengan hidup sehat. Berolahraga merupakan salah satu hidup sehat. Dengan demikian, hendaknya kita melakukan aktivitas hidup sehat yang lainnya seperti pola makan, tidak merokok dan minum alkohol serta cukup istirahat. Dengan menerapkan hidup sehat berarti anda telah mencintai dan menghargai diri sendiri serta menjadi contoh yang baik bagi manusia lain disekitar anda.
     
    Oleh: Bagus Ardian
     


Informasi Terpopuler