Informasi NCC

Space Iklan

Travelling

  • Tempat Wisata di Yogyakarta

    Tempat Wisata di Yogyakarta

      Kamis, 09/07/2015 14:56

    Bagi anda wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta, sebaiknya anda merencanakan terlebih dahulu beberapa tempat wisata di Jogja yang akan anda kunjungi. Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja, dan bahkan wisata kuliner. Yogyakarta merupakan daerah istimewa di Indonesia yang memiliki lima wilayah yaitu kota DIY, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo. Setiap daerah di Yogyakarta ini memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi.
     
    Beberapa tempat di Yogyakarta memang telah dikenal oleh dunia sebagai tujuan para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestic. Dipusat kota, Yogyakarta memiliki Keraton Yogyakarta. Bangunan kebanggan kota Yogyakarta ini telah berdiri sejak tahun 1756 dan merupakan tahta kediaman dari Sultan yang memimpin Yogyakarta. Keratin Yogyakarta ini juga merupakan symbol dari kebudayaan, politik, serta kepemimpinan Sri Sultan. Sebagian besar ruang-ruang Keraton saat ini berfungsi sebagai museum. Ruang-ruang tersebut berisi benda-benda pribadi milik sultan seperti lukisan, benda pusaka, inventaris kerajaan, foto-foto, meja dan kursi. Saat liburan, keratin Yogyakarta dikunjungi lebih dari 5000 orang setiap harinya. 
     
    Selain wisata budaya di Keraton, anda juga dapat menikmati berbagai tempat wisata alam seperti pantai, pegunungan, bukit, danau, dan wisata bahari. Untuk wisata sejarah, Yogyakarta memiliki banyak sekali museum penting serta situs-situs peninggalan sejarah. Yogyakarta juga banyak memiliki tempat sebagai pusat wisata belanja seperti pasar tradisional yang menyediakan berbagai makanan dan oleh-oleh khas Yogyakarta. Sebagai hiburan dimalam hari, Yogyakarta terlihat sangat segar dengan adanya berbagai tempat nongkrong dan berkumpul bersama teman-teman dan orang terdekat. Saat ini, hotel-hotal dan tempat menginap telah tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta sehingga para wisatawan dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.
    Berikut ini beberapa tempat wisata yang paling popular di Yogyakarta yang direkomendasikan untuk anda kunjungi:
    1. Candi Borobudur
    Borobudur adalah candi budha yang terletak di Jawa Tengah khususnya Kabupaten Magelang. Candi dengan bentuk stupa ini didirikan oleh penganut ajaran budha sekitar tahun 800-an masehi. Candi Borobudur merupakan kuil Budha terbesar di dunia sekaligus menjadi monument budha terbesar di dunia. Candi Borobudur merupakan warisan sejarah budha di tanah jawa Indonesia. Candi Borobudur bertempat tidak jauh dari wilayah Yogyakarta yang hanya berjarak sekitar 40KM (satu jam perjalanan dengan mobil/sepeda motor).jadi bagi anda wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, candi Borobudur sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain dapat berwisata sejarah, anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman serta informasi tentang bangunan candi ini.
    2. Goa pindul
    Goa Pindul merupakan objek wisata berupa gua yang terletak di desa Bejiharjo, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Belakangan ini, Goa Pindul menjadi tujuan utama bagi para wisatawan yang dating ke Yogyakarta. Goa Pindul memiliki pesona yang indah dengan sensasi jelajah yang unik membuat banyak traveler penasaran dan ingin mencobanya. Cara menyusuri Goa Pindul adalah dengan menaiki ban pelampung yang melewati aliran bawah sungai dan menyusur kedalam gua sepanjang 350M yanmg terkenal dengan nama Cave Tubing. Didalam gua terdapat satu bagian sempit yang hanya bisa dilalui satu ban pelampung saja sehingga biasanya para wisatawan bergantian satu persatu melewatinya. Sangat seru dan memacu adrenalin serta menantang adalah gambaran dari wisata Goa Pindul ini. Jadi, bagi anda yang masih penasaran, silahkan mencoba sensasi berwisata di Goa Pindul.
    3. Pantai gunung kidul
    Gunung Kidul merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul ini terkenal memiliki pantai-pantai yang indah sehingga menjadi salah satu tujuan wisata di Yogyakarta. Beberapa pantai tersebut adalah pantai Baron, pantai Kukup, Pantai Sadranan. Pantai Pulau Drini, Pantai Sundak, Pantai Wedi Ombo, pantai Nglambor, dan pantai Indrayanti. Pantai yang putih dan bersih berlatarkan tebing hijau nan indah serta air laut yang segar menjadikan daya tarik utama pantai-pantaiu di Gunung kidul. Kebanyakan pantai di Gunung kidul ini letaknya jauh dari permukiman warga sehingga tampak masih sangat asri. Pantai-pantai di Gunung Kidul ini akan menjadi referensi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi.
    4. Candi prambanan
    Candi prambanan merupakan candi peninggalan agama hindu yang terbesar di Indonesia. Candi Prambanan ini juga merupakan candi termegah di asia tenggara. Candi Prambanan terletak di desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebagai Bangunan bersejarah, Candi Prambanan adalah candi yang terindah yang dimiliki asia tenggara. Oleh sebab itu, candi Prambanan menjadi salah satu ojek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Jadi, bagi anda yang berlibur ke Yogyakarta, pastikan anda menyempatkan waktu anda untuk mengunjungi bangunan bersejarah yang sangat indah ini.
    5. Gunung Merapi (Kaliurang-Kaliadem)
    Kaliurang dan Kaliadem merupakan salah satu objek wisata di Yogyakarta yang terletak di kaki gunung Merapi. Kaliurang dan Kaliadem tepatnya terletak di Kabupaten Sleman dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Objek wisata Kaliurang dan Kaliadem menawarkan panorama alam gunung Merapi yang indah. Berbagai fenomena alam yang terjadi di kaki gunung merapi sekan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk melihat langsung daerah yang berdampak langsung oleh erupsi gunung Merapi. Sehingga, hal ini menjadi salah satu tujuan wisata di daerah Kaliurang dan Kaliadem.
    6. Pantai parang tritis
    Pantai parang tritis merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Pantai ini sangat unik dan menyimpan banyak cerita. Pantai Parang Tritis terletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Warga sekitar meyakini bahwa pantai Parang Tritis merupakan kediaman penguasa pantai selatan atau terkenal dengan nama Nyi Roro Kidul.  Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak dimiliki pantai lainnya di Yogyakarta yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.
    7. Air terjun sri getuk
    Air terjun Sri Getuk terletak di desa Bleberan, kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Belakangan ini, air terjun Sri Getuk menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan baik asing maupun domestic. Pesona aloam yang ditawarkan begitu segar dan alami. Sebelum sampai ke air terjun Sri Getuk, wisatawan diantarkan terlebih dahulu dengan rakit melalui sungai yang airnya sangat jernih. Anda tidak perlu khawatir karena biaya sewa untuk rakit penyebrangan ini sangat murah yaitu hanya Rp. 10.000/orang. Sesampainya di air terjun Sri Getuk, anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang indah. Sangat cocok sebagai tempat refreshing bersama teman-teman dan orang terdekat anda. 
    8. Gunung api purba Nglanggeran
    Bagi anda yang ingin menikmati keindahan sunset ataupun sunrise dari puncak gunung tanpa harus terhalang dengan rute pendakian yang terjal dan memakan waktu yang lama, mungkin anda perlu mencoba mendaki gunung api purba di Yogyakarta. Untuk mencapai puncak gunung ini hanya memakan waktu selama 1-2 jam saja. Gunung api purba terletak di desa Nglanggeran, kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Gunung ini merupakan gunung api purba yang pernah aktif jutaan tahun yang lalu. Saat ini, Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu objek wisata alam yang paling sering dikunjungi. Keindahan pemandangan eksotik dari ketinggian puncaknya merupakan daya tarik utama objek wisata ini. Jadi bagi anda yang merencanakan liburan ke Yogyakarta bersama teman-teman anda, pastikan anda mendatangi Gunung Api Purba Nglanggeran ini.
    9. Pasar beringharjo
    Pasar Beringharjo merupakan central pasar di daerah kota Yogyakarta. Keadaan pasar yang bersih, rapi, dan strategis ini memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang berbelanja. Pasar Beringharjo yang terletak di ujung selatan jalan Malioboro Yogyakarta ini, hamper tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya. Dipasar ini anda dapat membeli kerajinan khas Yogyakarta, oleh-oleh khas Yogyakarta, serta makanan dan jajanan khas daerah istimewa Yogyakarta. Jadi, bagi anda yang berlibur ke Yogyakarta, pasar Beringharjo merupakan tempat yang tepat untuk berwisata belanja dan kuliner.
    10. Alun-alun kidul
    Selain Keraton, Pasar, Wisata Alam, dan Malioboro, Yogyakarta memiliki satu icon wisata yang penting yaitu Alun-alun Selatan atau lebih dikenal dengan Alun-alun Kidul. Alun-alun kidul ini terletak disebelah selatan keratin atau lebih tepatnya dibelakang keraton. Konon mengapa ada dua beringin besar terletak ditengah-tengah alun-alun kidul ini agar nampak seperti pelataran depan sehingga terkesan tidak membelakangi pantai selatan yang dikuasai Ratu Kidul yang konon sangat dekat dengan keluarga Keraton. Salah satu kegiatan menarik di alun-alun kidul ini adalah kegiatan “masangin” yaitu berjalan melewati dua beringin besar dengan mata tertutup. Warga sekitar mempercayai hanya orang yang berhati bersih yang berhasil melakukannya. Pada malam harinya, tempat ini sangat ramai dengan gemerlap kerlip lampu dan kereta yang disediakan untuk mengelilingi alun-alun. Apakah anda ingin mencobanya? Silahkan datang ke Yogyakarta dan berkunjunglah ke Alun-alun Kidul.
     
    oleh: Bagus Ardian
     


Informasi Terpopuler