Informasi NCC

Space Iklan

Travelling

  • 6 Alasan Mengapa Hiking Baik Untuk Anda

    6 Alasan Mengapa Hiking Baik Untuk Anda

      Selasa, 11/08/2015 14:03

    Ketika kita melihat perspektif orang tentang dunia dengan mendekatkan diri dengan alam, Dunia dapat terbagi menjadi dua sisi yang berbeda, yang pertama adalah Orang-orang yang berfikir bahwa berusaha mengejar fajar (sunrise) merupakan hal yang sia-sia dan disisi lainnya justru rela bersusah payah demi mendapatkannya.
     
    Bagaimana dengan anda? Pernahkah anda berfikir untuk pergi berjalan sendirian menyusuri alam untuk mendapatkan kedamaian? Hiking merupakan kegiatan yang dapat menjaga kejernihan pikiran, tubuh, dan jiwa kita yang tidak akan didapatkan dengan cara yang lain. Berikut ini beberapa alasan betapa alam merupakan media yang sangat baik untuk konsumsi tubuh, pikiran, dan jiwa anda.
     
    1. Hiking Membuat Anda Menghargai Diri Anda
     
    Menurut Seneca (filsuf Romawi kuno), kebahagiaan adalah ketika kita benar-benar menikmati momen saat ini, dan harus diakui ini merupakan hal yang sangat benar. Jika anda sadari anda menapakkan kaki anda di bumi saat ini, anda memiliki orang lain sebagai makhluk sosial, dan anda sedang bernafas merupakan salah satu kebahagiaan yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Saat anda melakukan hiking, anda akan benar-benar menghargai arti kehidupan dalam setiap langkah anda. Anda akan menyadari bahwa alam merupakan hadiah terbaik yang diberikan tuhan untuk diri anda.
     
    2. Hiking Meningkatkan Kemampuan Indera
     
    Dengan melakukan hiking, anda akan merasa jauh dari hiruk pikuk rutinitas di lingkungan tinggal anda seperti suara bising kendaraan, music, handphone, dsb. Mata anda akan tertuju pada pandangan lurus kedepan dengan suguhan panorama alam yang alami tanpa kontak fisik dengan orang lain disekitar anda. Tidak seperti di pusat kota yang ramai, hiking akan melatih indera anda secara alami dimana anda akan lebih memperhatikan lingkungan alam, merasakan hembusan angin yang menyentuh kulit anda sehingga anda merasa terhubung secara langsung dengan alam.
     
    3. Hiking Menjadikan Alam Sebagai Sebuah Perspektif.
     
    Mendaki gunung, melewati bukit, berjalan di sepanjang daratan serta hutan merupakan kesempatan yang sangat langka. Kebanyakan orang melewatkan hal ini (hiking) karena mereka sudah terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari. Padahal, hiking mengingatkan kita bahwa betapa kecilnya kita untuk alam yang seindah dan seluas ini. Mengapa kita tidak menyapanya, menjelajahi setiap bagian dari alam yang akan membuka pikiran dan hati kita tentang arti kehidupan.
     
    Penelitian menunjukkan bahwa berada ditengah-tengah alam mampu meredakan stress serta menghindari seseorang terkena depresi yang berat. Hal ini dikarenakan hiking mampu meningkatkan emosi positif seseorang sekaligus memberikan pendekatan non-farmakologis kepada orang yang memiliki kondisi serius seperti depresi.
     
    4. Hiking Menumbuhkan Rasa Petualangan.
     
    Hiking merupakan cara yang unik untuk menjelajahi tempat yang baru. Menjelajahi hutan, mendaki perbukitan dan gunung, melewati sungai , setiap langkah anda akan memberikan kesan yang sempurna dalam sebuah petualangan yang akan membuat anda semakin mencintai hiking.
     
    Bagi kebanyakan orang mungkin lebih tertarik menghabiskan waktu dengan berpesta, menonton, nongkrong dengan teman-teman, dll. Hal-hal tersebut akan menjadi tidak begitu menarik ketika anda menjadikan hiking sebagai media relaksasi. Dengan melakukan hiking, anda akan mengetahui seberapa jauh jiwa petualangan anda dengan cara yang sehat. Petualangan jiwa dan raga yang sehat dan tidak melibatkan hal-hal buruk seperti kekerasan.
     
    5. Hiking Memberi Anda Ruang
     
    Dengan hiking, anda akan mendapatkan ruang kebebasan sejenak yang akan mengatur  emosional dan mental, dan membuang jauh tekanan yang ada pada diri anda sehingga anda mampu menyeimbangkan pekerjaan, hubungan, persahabatan, keuangan, dan kesehatan. Saat anda melakukan hiking, anda akan membiarkan pikiran anda berjalan secara alami kemana saja sehingga akan membawa anda kepada hal yang positif. Karena sesungguhnya anda membutuhkan ruang disamping rutinitas sehari-hari yang menyita tenaga dan pikiran anda.
     
    6. Hiking Memupuk Hubungan.
     
    Apabila anda berada ditengah-tengah lingkungan orang-orang yang keras, kaku, dan lebih sering menghabiskan waktu secara individu, mungkin sebaiknya anda mulai mengajak mereka untuk melakukan hiking. Hiking dengan orang yang dekat dengan anda entah itu keluarga, teman, ataupun mitra kerja memungkinkan anda untuk mengetahui mereka secara mendalam.  Dengan demikian, anda akan mengetahui bagaimana seharusnya memposisikan diri anda dan memperlakukan mereka. Pada akhirnya, hiking akan mempererat hubungan anda secara positif menjadi hubungan yang harmonis. 
     
    Oleh: Bagus Ardian
     
     


Informasi Terpopuler