Informasi NCC

Space Iklan

Kuliner

  • Angkringan Jogja Penuh Kehangatan dan Keakraban

    Angkringan Jogja Penuh Kehangatan dan Keakraban

      Rabu, 01/07/2015 08:34

    Salah satu daya tarik kuliner di Yogyakarta adalah angkringan Jogja yang penuh dengan kehangatan dan suasana keakraban. Angkringan merupakan tempat yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang biasanya terletak dipinggir atau ruas jalan menggunakan gerobag dorong. Gerobak angkringan biasanya dilengkapi dengan terpal/tenda dari terpal sebagai penutupnya. Angkringan sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu “angkring” yang artinya duduk santai. Dari namanya saja sudah dapat kita bayangkan bahwa angkringan merupakan sebuah tempat yang menyajikan berbagai makanan dan minuman dimana kita dapat menikmatinya sambil kongko dan bersantai berlama-lama bersama teman-teman. Angkringan seolah-olah menjadi ikon kuliner di Jogjakarta mengingat keberadaanya yang hampir disetiap sudut di Yogyakarta. Sampai saat ini, angkringan selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh pelancong ataupun warga Yogyakarta sendiri. 
    Harga yang ditawarkan angkringan pun relatif murah. Namun, pelanggan yang datang ke angkringan sangatlah bervariasi dan tidak memandang strata sosial mulai dari tukang becak, tukang bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, seniman, bahkan hingga pejabat dan eksekutif. Suasana kehangatan angkringan jogja ini sangat nampak dari obrolan para pengunjungnya bahkan obrolan antara penjual dan pembeli. Suasana kekeluargaan ini yang menjadikan angkringan selalu ramai pembeli. menu-menu yang terdapat di angkringan relative sama antara yang satu dengan yang lainnya yaitu nasi kucing (nasi dengan sambal teri), aneka gorengan, sate usus, sate telur puyuh, keripik, dll. Sedangkan untuk minumannya pun sangat bervariasi mulai dari es the, es jeruk, kopi hitam, kopi susu, wedang jahe, es tape, dan susu. 
    Bagi warga sekitar, kata angkringan lebih merujuk kepada suasana ketimbang tempat makan. Karena, kebanyakan orang yang datang ke angkringan tidaklah semata hanya ingin membeli makanan ataupun minuman melainkan ingin bersantai mengobrol dengan teman-teman. Maka dari itu, jarang sekali pelanggan yang datang ke angkringan sendirian. Suasana sperti inilah yang menjadikan daya tarik utama dari angkringan. Angkringan mungkin saja ada diberbagai daerah diluar kota Yogyakarta, namun mereka hanyalah meniru konsep angkringan yang ada di Jogjakarta. Kebanyakan angkringan di Jogja masih menggunakan “anglo” (alat memasak tradisional yang terbuat dari tanah liat dengan bahan bakar arang), sedangkan angkringan diluar Jogja menggunakan alat modern seperti kompor gas, dll. Bagi anda yang belum pernah merasakan suasana angkringan, pastikan anda mampir dan mencoba angkringan saat anda datang ke kota Jogja. Nikmati sensasi angkringan jogja yang sesungguhnya hanya akan anda dapatkan di kota istimewa ini. 
     
    Oleh: Bagus Ardian
     

     


Informasi Terpopuler