Informasi NCC

Space Iklan

Inspirasi

  • Kemampuan Berkomunikasi Adalah Kunci Kesuksesan

    Kemampuan Berkomunikasi Adalah Kunci Kesuksesan

      Selasa, 11/08/2015 10:56

    Saat ini dalam dunia industry di berbagai bidang usaha, kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan. Komunikasi ditempat kerja merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja sebuah perusahaan. Kemampuan masing-masing individu memiliki peranan yang penting dalam keberhasilan orang itu, keberhasilan tim, dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Itulah mengapa begitu banyak orang-orang besar dan berhasil menjadi pengajar dalam berkomunikasi. Berikut ini adalah enam cara yang dapat membantu anda meningkatkan keterampilan komunikasi anda secara efisien:
     
    1. Meluangkan waktu untuk evaluasi
    Meluangkan waktu untuk berfikir tentang apa saja yang harus ditingkatkan. Menghabiskan beberapa waktu untuk menilai apasaja yang sudah anda lakukan dan yang belum anda lakukan sehingga kinerja anda akan menjadi lebih baik. Mungkin tanpa anda sadari orang-orang disekitar anda menilai segala sesuatu yang anda lakukan. Dengan demikian, evaluasi terhadap diri sendiri ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif untuk kemajuan kinerja anda. Anda dapat mempraktikan hal yang telah anda pelajari dan evaluasi di depan cermin untuk menambah percaya diri anda. Langkah selanjutnya yang mungkin perlu dilakukan adalah mengajak beberapa teman untuk membuat kelompok bersama anda dan memberikan penilaian antara satu dengan yang lainnya. Hal ini mungkin akan sulit dilakukan karena reaksi teman-teman anda akan berbeda-beda ketika anda mengajak mereka untuk berbagi penilaian. Namun, hal ini akan sangat membantu anda dan teman-teman anda menjadi personal yang lebih baik.
     
    Kegiatan ini akan membantu anda menganalisa apasaja kelebihan dan kekurangan yang anda miliki di lingkungan kerja khususnya hubungan dengan rekan kerja anda. Hal ini juga dapat menjadi media komunikasi yang sangat cerdas dimana anda akan berbicara dengan berhadapan langsung dengan teman-teman anda mengenai berbagai macam topik pembahasan. Buatlah agenda tentang topik menarik yang akan anda bicarakan setiap minggunya. Dengan membiasakan hal seperti ini, maka anda akan terbiasa berbicara di muka umum yang akan sangat berguna dikehidupan sosial anda. Ingatlah bahwa tidak ada sesuatu yang tumbuh tanpa dorongan. Sehingga apabila anda ingin terus maju untuk kehidupan yang lebih baik, maka anda harus memotivasi diri anda agar terus berkembang.
     
    2. Ekspresikan pikiran anda
    Apabila anda tidak setuju dan menganggap orang lain salah, segeralah anda ungkapkan! dan apabila anda berpikir bahwa seseorang telah melakukan sesuatu dengan baik, pujilah mereka! Buatlah agar semua orang tahu bahwa anda dapat melkukan dan memberikan hal yang lebih. Apabila anda menerapkan hal tersebut, maka akan sangat membantu anda untuk mengungkapkan apa yang anda pikirkan dan rasakan. Ini merupakan strategi komunikasi yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
     
    Banyak orang yang berbicara tanpa berpikir, atau asal berbicara dikarenakan perasaan takut dan tidak percaya diri. Anda hanya perlu membuat konsep cepat dikepala anda dan kemudian mengungkapkannya sesuai denga apa yang anda pikirkan dan rasakan. Sebelum anda berbicara baik positif ataupun negative, berhenti sejenak untuk mempertimbangkan dan memperkirakan reaksi orang yang akan menerima informasi tersebut. Karena, setiap kata yang anda ucapkan akan membentuk persepsi/pandangan untuk orang lain. Maka, untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi anda, mulailah untuk mengekspresikan pikiran anda dengan tenang dan penuh pertimbangan sehingga dapat diterima oleh orang yang mendengarkan.
     
    3. Memahami lawan bicara
    Tidak seorangpun yang dapat mengetahui dan memahami pikiran dari lawan bicara mereka, tetapi disini kita akan berbicara mengenai taktik dan strategi yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Setidaknya anda harus tahu terlebih dahulu siapa yang sedang anda ajak bicara. Sebagai informasi tambahan mungkin anda juga harus mengetahui sedikit kepribadian mereka. Denagn demikian, setidaknya anda dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak disukai dan diinginkan pendengar. Hal lain yang perlu anda lakukan adalah memperhatikan percakapan orang dan kemudian membandingkan antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini akan memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan komunikasi anda sehingga anda mengerti bagaimana menangani lawan bicara melalui apa yang dia sukai dan tidak dia sukai.
     
    4. Membaca bacaan yang berkualitas
    Apabila anda ingin menjadi pribadi yang lebih baik, maka anda harus belajar dari orang yang lebih baik dari anda. Membaca merupakan salah satu caras yang cerdas untuk mempelajari kehebatan orang lain. Banyak sekali buku-buku yang diterbitkan oleh tokoh-tokoh dunia untuk memberikan informasi yang positif tentang keberhasilan mereka. Anda dapat mempelajari cara mereka memperoleh kesuksesan melalui buku. Semakin banyak anda membaca, kemampuan komunikasi anda akan semakin baik menyerupai apa yang anda baca. Jadi, mulailah membaca bacaan yang memiliki kualitas sastra yang tinggi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anda.
     
    5. Menulis
    Menulis merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi anda. Karena, dengan menulis memungkinkan anda untuk melihat apa yang anda pikirkan, mengubahnya dari bentuk abstrak ke bentuk fisik. Menulis juga sangat penting karena akan melatih anda untuk berpikir lebih jelas dan akurat. Secara alami, anda akan menghabiskan waktu lebih lama untuk membangun sebuah tulisan daripada dengan hanya berfikir saja. Apabila anda terbiasa menulis sebelum anda berbicara, maka anda akan ahli dalam merangkai kata-kata sebelum anda menyampaikannya sehingga akan lebih enak didengar. Semakin anda sering menulis sebelum berbicara, maka akan semakin baik komunikasi anda.
     
    6. Biasakan menulis pesan teks
    Kunci untuk menjadi komunikator yang baik adalah menggunakan bahasa secara ringkas dan jelas. Dengan berkomunikasi melalui pesan teks (sms) seolah-olah anda dibatasi dengan kapasitas berkomunikasi yang mengharuskan anda menyampaikan sesuatu dengan ringkas serta jelas. Selain itu, pesan teks (sms) lebih menghemat waktu bila dibandingkan dengan telepon ataupun email. Jadi, manfaatkanlah efisiensi pesan teks (sms) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anda.
     
    Kegiatan berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting mengingat kita semua adalah makhluk sosial. Oleh sebab itu, komunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap orang agar mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, sangat memungkinkan untuk anda meraih kesuksesan dalam bidang apapun. 
     
    oleh: Bagus Ardian
     
     
     
     
     
     


Informasi Terpopuler