Informasi NCC

Space Iklan

Gaya Hidup

  • Gaya Hidup Remaja Masa Kini

    Gaya Hidup Remaja Masa Kini

      Rabu, 01/07/2015 08:35

    Apabila kita memperhatikan gaya hidup remaja saat ini akan sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan remaja di masa lalu dilihat dari beberapa aspek seperti; kebiasaan makan, aktifitas hidup, cara menghabiskan waktu luang serta cara berpakaian. Mereka semua merupakan generasi teknologi. Untuk remaja saat ini, fasilitas yang terdapat pada ponsel seperti; internet, musik, film, televisi dan video game menjadi sangat penting. Kebanyakan remaja lebih suka menonton TV dan bermain game komputer daripada membaca buku. Kebanyakan dari mereka tidak suka membaca karena menonton TV lebih mudah dan mereka tidak harus menggunakan imajinasi mereka sendiri. Game-game komputer sebenarnya memberikan efek edukasi, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Para remaja lebih memilih untuk menghabiskan waktu luang di depan komputer daripada berjalan-jalan, bermain sepak bola atau melakukan kegiatan lain seperti berenang, bersepeda, dsb. Selain itu, game mengantar mereka ke dunia yang tidak nyata. Hal ini tentu sangat menarik bagi kaum muda. Dilihat dari tempat berkumpul (nongkrong), kebanyakan dari mereka memilih tempat seperti restoran cepat saji yang kebanyakan makanannya tidak baik untuk kesehatan.
    Setiap remaja membutuhkan diet yang seimbang, kebersihan pribadi yang tepat dan kegiatan fisik di udara segar, misalnya, bermain bola, berlari, berenang, bersepeda, bermain tenis atau berjalan-jalan. Hal ini seharusnya lebih menarik perhatian mereka ketimbang duduk berjam-jam di depan computer atau hanya sekedar menonton TV. Kebanyakan dari remaja sekarang lebih memilih hiburan yang kurang sehat dibandingkan dengan melakukan olahraga. Mereka terlalu banyak makan makanan cepat saji, makanan yang tidak sehat dan sangat berlemak serta minum terlalu banyak minuman berkadar gula tinggi. Tidak jarang hal ini menyebabkan obesitas. Namun kebanyakan remaja saat ini (terutama perempuan) membiarkan tubuh mereka menimbun banyak lemak, atau menyiksa diri dengan diet secara fisik yang mengarah ke berbagai penyakit seperti anoreksia dan bulimia. Para remaja seharusnya memperhatikan pola makan mereka, terutama sarapan karena melewatkan sarapan merupakan penyebab sering terjadinya pingsan yang dapat menyebabkan komplikasi dan bahkan menyebabkan kematian. Para remaja harus ingat bahwa gaya hidup sehat memerlukan nutrisi yang tepat, tetapi mereka juga tidak boleh lupa tentang kebersihan pribadi.
    Kebersihan pribadi memainkan peran yang sangat penting dalam penerapan gaya hidup sehat. Hal ini menjadi elemen yang sangat diperlukan dalam kehidupan setiap remaja untuk menjaga kesehatan. Kebanyakan dari remaja saat ini tidak memperhatikan jadwal mandi mereka. Tidak jarang dari mereka hanya mandi satu kali sehari atau bahkan satu kali seminggu. Tidak jarang juga mereka menggunakan pakaian yang sudah penuh dengan keringat. Mereka pikir hal ini sama saja dengan mencuci muka, menggunakan deodorant dan parfum. Sebenarnya mereka hanya perlu melatih diri dan membiasakan hidup bersih dan sehat. Seperti misalnya membiasakan diri mandi sebelum tidur dimalam hari dan mengganti pakaian setelah beraktivitas. Apabila rutinitas ini selalu dikerjakan, maka mereka akan memiliki kebiasaan yang baik dan menerapkan gaya hidup sehat.
    Aktivitas fisik memiliki pengaruh besar pada gaya hidup remaja. Aktivitas fisik meningkatkan kondisi kesehatan dalam berbagai cara. Hal ini membantu organisme untuk memanfaatkan kalori yang lebih baik, yang membantu untuk menjaga berat badan yang diinginkan. Aktivitas fisik juga mengurangi nafsu makan dan membantu mengurangi massa lemak dalam tubuh. Pengaruh yang baik dari aktivitas fisik juga berdampak pada suasana hati. Jadi, aktivitas fisik merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesehatan. 
    Berikut ini beberapa keuntungan dari aktivitas fisik:
    • mengurangi risiko penyakit jantung
    • mencegah osteoporosis
    • membakar kalori
    • menjaga berat badan
    • mengurangi nafsu makan
    • membantu mengurangi jumlah lemak tubuh.
    Dengan membaca tips-tips yang bermanfaat, kita dapat dengan mudah membangun strategi gaya hidup sehat agar dapat secara efektif melawan kelebihan berat badan dan obesitas. Untuk menyingkirkan kelebihan lemak, kita bisa melakukan berbagai jenis olahraga tergantung dengan usia, jenis kelamin atau kepentingan masing-masing. 
    Aspek lain yang juga sangat penting adalah komunikasi melalui media internet (terutama pesan instan) telah menjadi fitur penting dari kehidupan sosial remaja saat ini. Bagi para remaja, hal ini sangat membantu untuk berkomunikasi, belajar serta sangat menyenangkan. Melalui internet mereka dapat men-download musik dan file lainnya serta bermain game dengan teman-teman mereka baik nyata ataupun maya. Dengan kata lain, mereka dapat melakukan berbagai macam kegiatan hanya dengan menggunakan selular mereka seperti; berkomunikasi dengan teman-teman, bermain game, mendengarkan musik dan juga menonton film. Hal ini menunjukkan bahwa remaja saat ini sangat bergantung pada selular dan bahkan seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. 
    Hal lain yang menjadi perhatian penting adalah pakaian yang dipergunakan kebanyakan remaja saat ini. Pakaian yang mereka kenakan bergantung pada tren yang sedang popular saat ini. Kebanyakan dari mereka, mengikuti mode terbaru merupakan hal yang sangat penting. Saat ini seragam sekolah tidak lagi menjadi sesuatu yang populer seperti di masa lalu. Remaja putri lebih sering memakai celana jeans daripada menggunakan rok, sedangkan anak laki-laki memakai kaus dan celana lebar. Faktanya adalah bahwa saat ini remaja hanya menggunaka pakaian yang nyaman bagi mereka.
    Inti dari semuanya dapat dinyatakan bahwa gaya hidup remaja saat ini tergantung pada banyak faktor. Hal ini sangat berhubungan erat dengan semua perkembangan yang terjadi. Sebagai hasilnya, gaya hidup remaja saat ini sangat berbeda dengan gaya hidup remaja di masa lalu. Setiap remaja harus menjalani gaya hidup sehat secara mandiri sesuai dengan usia dan kebutuhan serta kepentingan mereka masing-masing. Ini harus menjadi salah satu kebiasaan baik yang dilakukan setiap hari. Para remaja harus menyadari pengaruh positif dari gaya hidup sehat terhadap kesehatan dan suasana hati. Ini akan memberikan dampak yang sangat baik terutama bagi mereka untuk merasakan hidup sehat dalam kurun waktu yang lebih lama.
    Oleh: Bagus Ardian


Informasi Terpopuler